Iklan

Cari Blog Ini

Kamis, 05 Desember 2013

Lempah kuning resep makanan dengan cita rasa khas Bangka Belitung



Halooo... Hai... Haiii.... Haiii... Selamat bertemu lagi dengan Wulan, di pagi hari ini baru bisa menulis di dumay setelah sekian lama tidak muncul ke permukaan. Saya akan mencoba menuliskan salah satu masakan khas Bangka nih, boleh ya?. Terimakasih kalau boleh.
"Dilarang komentar tentang poto ini xixixi"
 Kalau anda ke Bangka, di waktu ngobrol atau bergurauan dengan orang Bangka, yang boleh percaya atau tidak tapi sudah banyak terbukti.
" Bapak/ibu, kalau sudah mencicipi air Bangka pasti akan kembali lagi ke Bangka lho !"
Meskipun saya bukan orang Bangka tapi sedikit tahu loh, selidik punya selidik, ternyata Bangka memiliki kekayaan budaya yang tidak kalah hebatnya dengan daerah lain, terutama dalam dunia kuliner.
Bangka memiliki banyak resep makanan dengan cita rasa khas, dan jika harus dibandingkan dengan masakan dari daerah lainnya dalam rumpun melayu ( Sumatra ), masakan Bangka lebih variatif boleh percaya atau tidak untuk yang belum berkunjung ke Bangka langsung

Pendapat orang pun beragam, ada yang merasa sangat terkesan pada cicipan pertama dan ada yang biasa biasa saja, tetapi setelah mencobanya lebih dari 1 kali maka akan ketagihan, seperti motor Honda kalau belum panas belum ok .

Salah satu masakan Bangka yang sangat populer adalah lempah kuning, bahan utamanya adalah ikan kakap merah atau ikan tenggiri dengan bumbu sederhana berwarna kuning karena menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbu rempahnya. Kalau disajikan lengkap dengan sambal terasi (tentunya dengan terasi khas Bangka ) dan lalapan pucuk ubi ( daun singkong bagian pucuknya ) hmm….enak abis!.

 Menu ini untuk menemani makan nasi hangat dan akan menimbul sensasi rasa yang luar biasa..... tidak terlupakan, termasuk mamang saya yang satu ini Mamang Yon yang punya Blog Mang Yono juga, nama aslinya sih... *Rahasiah, padahal saya tidak tahu*  
Ada cerita lucu tentang masakan yang satu ini “lempah kuning” cerita tentang ini nanti saja ya, saya mau minta izin Mamangnya dulu, nanti malah marah dan datang ke rumah saya minta di masakin lempah kuning --- xixixi.


Berikut adalah bumbu Lempah kuning resep makanan dengan cita rasa khas Bangka Belitung ,sesungguhnya ada beberapa versi resep tapi ini yang biasa saya praktekan mungkin anda dapat mencobanya:
Bahan :

Lempah kuning resep makanan dengan cita rasa khas Bangka Belitung

1 ekor ( 1 kg) ikan kakap merah atau ikan tenggiri
½ liter air

300 gr nanas, dikupas, di buang matanya dan dipotong berbentuk segitiga atau gaya bebas
50 ml asam jawa.

1 sendok teh garam ( secukupnya)

1 sendok teh gula ( secukupnya ).

Haluskan:

10 buah cabe merah ( disesuaikan dengan selera )

3 siung bawang putih

1 cm kunyit bakar ( dibakar agar aromanya lebih terasa )

1 sendok teh terasi goreng, ( paling enak menggunakan terasi Bangka )


Cara membuat Lempah Kuning Makanan khas Bangka :
Ikan kakap di bersihkan sisiknya dan kemudian di potong menjadi 3 bagian, sisihkan. Bumbu di goreng dengan minyak goreng 1 sendok makan sampai keluar aroma dan masukkan air sampai mendidih, masukkan nanas, ikan dan air asam, bumbu garam dan gula, masukkan ikan sampai bumbu meresap dan angkat sajikan selagi hangat.


24 komentar:

  1. gambar diatas warnanya merah, lain dengan gambar dibawah yang berwarna kuning. yang bikin beda apanya ya.. *kaburrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak boleh melihat bagian bawah bli.. Roaming... * ikut kabuuur

      Hapus
    2. emang kalau warna merah..ke'gituh ya kang...menurut sayah mah warna rambutnya coklat semu kuning gituh ah

      Hapus
  2. aduuuhhh...jadi ngiler nih...hayo Mbak Nawang tanggung jawab, sudah bikin saya ngences nggak karuan...

    Emang lempah kuning rambutnya berwarna merah ya Mbak?
    * ngilang kaya Mang lembu...cling

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kebanyakan makan lempah kuning rambutnya memang jadi merah Mbak KK...

      * kabuuuuur....

      Hapus
  3. adawww... kalau melihat masakan lempah kuning suka teringat waktu pertama kali main kerumah admin belog ini dikasih masakan lempah kuning, sayah habiskan tanpa tersisa, cuma mangkoknya aja yang tersisa ... kirim dong non kesini.... aik... aik.. aik

    BalasHapus
  4. wah lama tak berkunjung kesini... tau - tau dah pasang iklan AdRewa... yang rajin postingnya ya Non hehehe...

    saya kasih bonus klik iklannya ah hehehe

    BalasHapus
  5. hmm.. glek.. tes tes.. ngiler saya mbak.. hehehe..

    kebetulan saya belum pernah ke bangka belitung mbak.. denger ceritanya mbak nawang saya jadi penasaran pengen nyobain deh...

    oya itu kok ada pengumuman nggak boleh komentar tentang foto ini.. la justru malah foto itu lo yang mengundang pertanyaan hohohoho kabuuurrrr...... #Wuuusssttt.. gubraaaakkk..!! kecantol kawat jemuran... xixixixixi

    BalasHapus
  6. jd ngiler.. xixixi...

    #Cleguk

    BalasHapus
  7. makan Lempah kuning sambil melihat si rambut merah,
    rasanya gimana ya? xixixixixi....:)

    BalasHapus
  8. Ini maksudnya suruh milih gambar yg atas atau yg bawah gitu ta? H-hiii...

    BalasHapus
  9. Apa hubungannya antara gambar diatas dan dibwah? hee

    Tapi lebih menggoda foto makanan *manteeep*

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Bukan ngeliat makannanya tapi liat ceweknya mba.. hehe cantuik

    BalasHapus
  12. Tampaknya seperti sejenis soup ikan, tetapi lebih terasa rempahnya ya?

    BalasHapus
  13. harus dicoba nih bikin lempah kuning khas belitung, sepertinya enak ya mbak :D makasih resepnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya siap ko' jadi pencicipnya, n'tar tak kasih tau deh lemah bikinan bu bos juragan cipir enak apa kurang asin gituh deh.

      Hapus
  14. ha..ha.., yang menarik malah fotonya mbak.. :D

    BalasHapus

Terimakasih kunjungannya... salam

Pengikut

Google+ Followers